domain indonesia

Hi #MWNers!

Industri E-commerce di Indonesia mulai mengalami peningkatan semenjak perbaikan koneksi di Indonesia yang semakin membaik. Pastinya dulu #MWNers pernah merasakan dong bagaimana sulitnya mendapatkan koneksi internet 3G/4G, apalagi jika #MWNers berlokasi di desa. Karena koneksi internet baru bisa dinikmati di pusat kota saja. 

Dengan adanya perbaikan dari sisi koneksi tersebut, kini semua operator di Indonesia sudah memberikan layanan 3G/4G, bahkan sampai ke pelosok desa juga bisa menikmatinya. Hal ini tentunya berdampak baik untuk para pelaku bisnis online di Indonesia.

Namun seiring berkembangnya E-commerce di Indonesia, tentunya akan berdampak juga pada pemakaian bandwidth internet yang akan semakin terkuras dan juga kebanyakan para pelaku bisnis online masih menggunakan domain asing seperti domain *.com dan lain sebagainya. Hal ini menjadi perhatian Menkominfo (Menteri Komunikasi dan Informatika) dan menyarankan untuk  para pelaku bisnis online di Indonesia menggunakan domain id atau domain indonesia.

Domain Indonesia disebut sebagai domain premium karena harga dari domain ini terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan domain level kedua yang berakhiran id lainnya. Meskipun dikategorikan sebagai domain premium, domain indonesia masih tetap laku dipasaran #MWNers.

Hal tersebut karena domain indonesia adalah domain cantik yang mewakili negara Indonesia. Dari sisi pengucapannya saja, penyebutan nama TLD *.id juga lebih singkat. Selain itu yang membuat domain *.id berpotensi dilirik adalah ketersediaan namanya masih banyak jika dibandingkan dengan domain internasional.

Lalu hal apa yang menjadi alasan kenapa domain indonesia lebih aman untuk bisnis online? Penasaran? simak baik-baik dibawah ini ya #MWNers.

Proses Pendaftaran Domain yang lebih Detail

Mendaftarkan nama domain id atau domain indonesia selama ini dinilai lebih detail dan rumit dibandingkan dengan domain internasional seperti *.com, *.net dan domain internasional lainnya. Hal ini dikarenakan Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) memiliki alasan khusus kenapa pendaftaran domain id memerlukan sejumlah aturan yang bisa dibilang ketat. Syarat ketat ini diberlakukan dengan alasan untuk keamanan dan kenyamanan para pengguna internet di Indonesia khususnya yang menggunakan domain indonesia.

Untuk membuat domain id dibutuhkan suatu dokumen legalitas yang menyatakan bahwa pihak yang mengajukan adalah sebuah perusahaan bukan perorangan. Karena semakin rumit proses pendaftaran domainnya, maka akan lebih aman begitupun sebaliknya.

Tidak dipakai untuk Melanggar Hukum di Indonesia

Alasan kedua adalah Pandi dengan terang-terangan mengatakan mengklaim penggunaan domain indonesia lebih aman dibandingkan dengan domain lainnya. Hal tersebut dilakukan karena Pandi bisa menjaga domain id tidak dipakai untuk kegiatan melanggar hukum di Indonesia seperti perjudian, pornografi atau bahkan penipuan.

Contohnya saja dalam kasus penipuan online, apabila ada situs web jual beli dengan menggunakan domain id yang melakukan penipuan, Pandi memiliki hak dan tidak segan-segan untuk mencabut kepemilikan domain tersebut. Hal ini bisa Pandi lakukan karena Pandi memiliki semua data pemilik domain id.  

Mempercepat Akses Website

Dengan menggunakan domain indonesia, saat mengakses websitenya pun dapat diakses dengan cepat karena server DNS yang digunakan berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi, sehingga dapat lebih menghemat bandwidth dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses sebuah website. Website kamu akan lancar selama 24 jam di akses.

Selain itu, ternyata domain indonesia ramah terhadap SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari Google. Hal tersebut sudah diuji oleh pandi, bahkan website dengan domain id terbukti berada di peringkat atas untuk banyak kata kunci (keyword). Namun hal tersebut balik lagi kepada pemilik situs tentang bagaimana strategi mereka dalam mengoptimalkan SEO.

Adanya Regulasi atau Aturan

Adanya aturan terkait kewajiban pemakain domain *.id sebagaimana yang diatur dalam surat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain. 

Selain itu, terdapat Pasal 39 menyatakan bahwa instansi penyelenggara negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib menggunakan nama TLD (Top Level Domain) Indonesia yaitu domain *.id. Bahkan badan usaha, organisasi atau perusahaan asing juga yang berdomisili atau berkedudukan di Indonesia, wajib memprioritaskan penggunaan TLD Indonesia #MWNers.

Setelah tahu beberapa alasannya, #MWNers tentu jadi lebih terbuka dong wawasannya tentang bagaimana memilih nama domain yang tepat untuk website bisnis onlinemu? Nah ngomongin soal domain indonesia, di Masterweb juga tersedia promo domain Indonesia dengan harga yang sangat murah dan terjangkau lho, kamu bisa beli domain murah tanpa perlu memusingkan harganya. Jadi kapan nih daftarkan domain unik kamu di Masterweb? Yuk cek domain kamu di Masterweb sekarang juga!

Sekian informasi yang bisa mimin berikan tentang alasan kenapa domain indonesia lebih aman untuk bisnis online. Semoga informasi yang diberikan bisa bermanfaat untuk #MWNers semua.

No votes yet.
Please wait...

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak