Pengumuman: Kini Masterweb akan beroperasi di bawah Exabytes. Klik disini untuk informasi selengkapnya.

domain indonesia

Hi #MWNers!

Perkembangan dunia digital saat ini sudah sangat canggih sehingga setiap orang bisa dengan mudahnya mengakses informasi langsung melalui aplikasi internet. Kamu hanya perlu mengetikkan kata kunci (keyword) di layar smartphone kamu, seketika mesin pencari akan langsung membawa kamu pada tujuan yang kamu cari. 

Kebutuhan akan domain tidak hanya digunakan untuk toko online saja #MWNers, namun banyak instansi milik pemerintah atau swasta juga membutuhkan website untuk berbagai keperluan. Contohnya saja Sekolah, memerlukan web hosting terbaik untuk membantu menciptakan website berkualitas yang mendukung banyak informasi.

Domain merupakan nama unik yang dipakai untuk penamaan sebuah website. Domain disebut sebagai nama unik karena merupakan identitas suatu website. Pemilihan nama unik yang baik akan menentukan nasib website kamu kedepannya. Sebagian besar website akan terus dikenang dan dikunjungi oleh banyak pengunjung tergantung kepada uniknya sebuah nama domain.

Oleh karena itu, pilihlah nama domain sesuai dengan kebutuhan website kamu #MWNers. Misalkan seperti ekstensi domain berikut: domain com, id, org, dan masih banyak lagi. Nah sekarang yang terpenting adalah menentukan domain yang tepat untuk website kamu dan aman pastinya.

Domain Indonesia

Berbicara soal domain yang aman untuk kegiatan bisnis online, pastinya kamu akan memperhitungkan untuk menggunakan domain indonesia. Karena proses pendaftaran yang sangat detail sehingga aman dari ancaman hacker, tidak bisa dipakai untuk melanggar hukum di Indonesia, dapat mempercepat akses website dan masih banyak lagi alasan lainnya. 

Baca Juga : Alasan Kenapa Domain Indonesia Lebih Aman Untuk Bisnis Online

Domain Indonesia merupakan nama unik paling populer di Indonesia. Nama domain lokal tersebut merupakan nama domain utama yang dimiliki khusus oleh suatu negara atau biasa disebut sebagai ccTLD (country code Top Level Domain). Ekstensi nama domain indonesia menarik kamu gunakan untuk bisnis online kamu yang sebagian besar pengunjungnya berada di Indonesia.

Contoh Domain Indonesia

Nama Domain Indonesia biasanya dihubungkan dengan TLD (Top Level Domain) seperti *.ac, *.go, *.biz, *.web, *.sch dan masih banyak lagi. Penggabungan keduanya menghasilkan jenis domain yang disebut DTD (Domain Tingkat Dua) yang dalam bahasa inggris disebut sTLD (second Top Level Domain). 

Berikut adalah contoh penggabungan keduanya :

  • *.go.id digunakan khusus untuk instansi pemerintahan Indonesia
  • *.mil.id digunakan khusus untuk kepentingan militer atau pertahanan di Indonesia
  • *.ac.id digunakan untuk kepentingan pendidikan khususnya akademik yaitu Universitas/Perguruan Tinggi/Institut di Indonesia
  • *.co.id digunakan untuk kepentingan organisasi komersil/profit seperti perusahaan/lembaga/Instansi milik Indonesia
  • *.web.id digunakan untuk kepentingan pribadi atau kelompok yang berada di Indonesia.
  • *.or.id digunakan untuk kepentingan organisasi formal dan non formal di Indonesia
  • *.net.id digunakan untuk kepentingan organisasi/instansi yang bergerak dalam bidang jaringan atau internet di Indonesia.
  • *.sch.id digunakan untuk kepentingan sekolah atau pendidikan

Pendaftaran Domain Indonesia

Pendaftaran domain indonesia memang terkesan lebih ketat jika dibandingkan dengan domain internasional seperti .com, .org dan lainnya. Seperti yang telah admin jelaskan di artikel sebelumnya kenapa Pandi memberikan alasan khusus kenapa pendaftaran domain id memerlukan sejumlah aturan yang bisa dibilang ketat.

Syarat ketat ini diberlakukan dengan alasan untuk keamanan dan kenyamanan para pengguna internet di Indonesia khususnya yang menggunakan domain Indonesia.  Karena semakin rumit proses pendaftaran suatu domain, maka akan lebih aman begitupun sebaliknya. Kamu bisa percayakan untuk daftarkan domain indonesia kamu di Masterweb #MWNers agar lebih aman.

Fakta Domain Indonesia

Ada beberapa fakta menarik yang perlu kamu ketahui tentang domain Indonesia ini #MWNers, simak baik-baik ya :

  1. Aman dan Nyaman

Poin ini sudah admin jelaskan sebelumnya, bahwa domain indonesia berbeda dengan domain lainya. Perbedaannya tersebut terlihat sangat jelas sekali salah satunya adalah adanya persyaratan ketat yang diperlukan untuk bisa memiliki domain indonesia tersebut. Langkah ini diambil Pandi sebagai pengelola nama domain indonesia untuk menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya. 

Selain itu, dengan adanya aturan tersebut menjaga domain indonesia agar tidak digunakan untuk aktivitas atau kegiatan yang melanggar hukum di Indonesia, misalnya perjudian, pornografi maupun penipuan. 

  1. Lebih Cepat Diakses

Dengan menggunakan domain indonesia, saat mengakses websitenya pun dapat diakses dengan cepat karena server DNS yang digunakan berada di Indonesia dan dikelola oleh Pandi, sehingga dapat lebih menghemat bandwidth dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk mengakses sebuah website. Website kamu akan lancar selama 24 jam di akses.

  1. Ramah akan SEO

Selain itu, ternyata domain indonesia ramah terhadap SEO (Search Engine Optimization) pada mesin pencari Google. Hal tersebut sudah diuji oleh pandi, bahkan website dengan domain id terbukti berada di peringkat atas untuk banyak kata kunci (keyword). Namun hal tersebut balik lagi kepada pemilik situs tentang bagaimana strategi mereka dalam mengoptimalkan SEO.

  1. Regulasi Penggunaan

Adanya aturan terkait kewajiban pemakain domain *.id sebagaimana yang diatur dalam surat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 23 Tahun 2013 tentang Pengelolaan Nama Domain. 

Selain itu, terdapat Pasal 39 menyatakan bahwa instansi penyelenggara negara atau Badan Usaha Milik Negara (BUMN) wajib menggunakan nama TLD (Top Level Domain) Indonesia yaitu domain *.id. Bahkan badan usaha, organisasi atau perusahaan asing juga yang berdomisili atau berkedudukan di Indonesia, wajib memprioritaskan penggunaan TLD Indonesia #MWNers. Sehingga dengan adanya regulasi tersebut, sangat tidak mungkin sekali apabila domain Indonesia digunakan untuk kasus kejahatan.

Demikian beberapa fakta menarik tentang domain indonesia yang perlu kamu ketahui. Seperti aman dan nyaman dalam menggunakannya, akses lebih cepat, ramah akan SEO serta regulasi penggunaan jelas. Dimana domain Indonesia merupakan nama domain id unik sering digunakan untuk mengidentifikasi situs-situs internet yang berasal dari Indonesia.

Sebagai orang Indonesia, tentunya kamu sering melihat dan menjumpai domain berakhiran id di internet bukan? Nah untuk bisa memiliki dan membeli domain indonesia dengan harga terjangkau, kamu bisa mencari provider hosting yang menyediakan domain indonesia murah seperti di Masterweb yang menyediakan berbagai domain indonesia dengan harga domain sangat terjangkau. Jadi tunggu apa lagi, beli domain murah dan hosting indonesia percayakan pada ahlinya yaitu Masterweb.

Kantor Kami:

Cyber 2 Tower Lantai 29

JL. HR Rasuna Said X5 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 80625578

Ticket System & Live Chat




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Blog  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  Cara Pembayaran  |  Download Logo |  Kontak