domain dan hosting

Hi #MWNers!

Pernah mendengar sebutan domain names dan hosting? Jika kamu pengguna internet tentunya sebutan tersebut sudah tidak asing lagi. Karena setiap hari ketika kamu mengakses browser kamu akan mengetikkan nama domain ini di browser kamu. 

Domain names merupakan nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer seperti web server atau email server di jaringan komputer atau internet. Nama domain ini berfungsi untuk mempermudah pengguna di internet dalam mengakses ke server. Selain itu, dengan menggunakan nama domain juga dapat digunakan untuk mengingat nama server yang dikunjungi tanpa harus mengenal deretan angka yang rumit yang biasa kita kenal dengan sebutan IP Address. Sedangkan hosting merupakan tempat menyimpan dan menampung data-data yang diperlukan oleh sebuah website sehingga dapat diakses melalui internet. 

Perkembangan internet yang sudah semakin maju membuat kebutuhan akan domain dan hosting semakin besar dan meningkat. Banyak perusahaan-perusahaan mulai menggunakan domain untuk mempromosikan produk jualan mereka. 

Selain untuk promosi, domain names yang kamu gunakan bisa menjadi suatu investasi yang tak ternilai harganya lho. Kenapa bisa dikatakan demikian? karena jika domain yang kamu punya memiliki traffic yang tinggi maka pengguna lain sudah siap untuk merebutnya, hal ini bisa saja terjadi jika domain tersebut tidak kamu perpanjang. Karena ada saja beberapa pengguna domain tidak terlalu memperhatikan masa aktif domain dan hosting tersebut.

Lalu Apa Saja Dampak yang akan Terjadi Jika Domain dan Hosting Terlambat Diperpanjang?

Banyak sekali faktor penyebab kenapa hal ini bisa terjadi, seperti pengguna terlalu sibuk, jarang mengecek email, dan lain sebagainya. Tahukah kamu, domain dan hosting yang telah kamu sia-siakan ini akan berdampak buruk untuk website bisnis kamu #MWNers. Berikut adalah beberapa dampak buruk yang akan kamu alami apabila tidak buru-buru untuk perpanjang domain dan hosting, simak baik-baik ya :

1.Website akan di Suspend Sementara

Status domain apabila tidak dilakukan perpanjangan akan habis masa aktifnya. Sebuah domain biasanya memiliki masa aktif selama 1 tahun. Namun ada juga domain dengan masa aktif selama 2 tahun bahkan sampai 10 tahun tergantung si pemilik domain ketika  melakukan pendaftaran domain dengan kontrak berapa lama yang dipilih.

Ketika kamu tidak melakukan perpanjangan atau lupa untuk melakukan perpanjangan domain dan hosting sampai masuk masa expired domain dan expired hosting, domain kamu akan di suspend sementara (sampai batas waktu tertentu) sehingga website tidak dapat diakses. Apabila masih dalam masa renewal grace period, kamu masih bisa me-renew atau memperpanjang domain tersebut dengan harga normal. Lamanya renewal grace period adalah 30 hari tergantung ekstensi domain. Biasanya website yang masuk ke dalam masa ini ketika diakses akan diganti dengan halaman parking iklan.

2. Harus Membayar Denda Keterlambatan Pembayaran

Jika kamu tidak juga melakukan pembayaran atau terlambat membayar perpanjangan domain lebih dari 45 hari, maka status domain telah diambil registry domain dan jika kamu ingin memperpanjang domain tersebut, maka kamu harus membayar denda keterlambatan sebesar 10x lipat dari masa perpanjangan domain. Hal ini berlaku dimana saja dan hanya bisa dilakukan 5 hari saja untuk pembayarannya. Jika masih belum dibayarkan juga, domain kamu akan masuk ke dalam tahapan pending delete.

3. Domain Bisa di Ambil Orang Lain

Dalam waktu 5 hari setelah masa redemption selesai masih belum diperpanjang juga, domain kamu akan masuk ke dalam tahapan pending delete. Periode pending delete merupakan masa penghapusan domain dari database ICANN dan biasanya hanya berlangsung selama 3-5 hari. Setelah itu, domain tersebut menjadi domain yang available lagi dan bisa diregistrasikan kembali oleh siapapun baik oleh pemilik sebelumnya atau orang lain. Jadi domain yang tidak diperpanjang bisa didaftarkan kembali setelah 80 hari dari tanggal expired.

4. Email Domain Tidak Bisa Digunakan Lagi

Jika kamu tidak perpanjang domain dan hosting, otomatis fitur-fitur yang ada di dalamnya juga sudah tidak bisa dijalankan atau diakses lagi termasuk email domain.  Email domain merupakan salah satu fasilitas yang ada di web hosting yang kamu gunakan. Dengan email domain, kamu bisa membuat dan mengirimkan email menggunakan nama domain yang kamu miliki tidak lagi menggunakan email gmail atau yahoo. 

Namun apa jadinya jika email domain tidak aktif gara-gara kamu lupa perpanjang domain dan hosting? Kamu pastinya tidak akan bisa lagi membuat, mengirim email menggunakan nama domain kamu, ketika orang lain mengirimkan email ke email domain kamu, kamu tidak akan menerimanya karena email yang dikirim akan mental dan balik lagi ke si pengirim. 

5. Pengunjung Bingung dan Membuat Reputasi Web Kamu Turun

Hal lainnya yang bisa saja terjadi ketika kamu lupa atau tidak perpanjang domain dan hosting adalah website kamu tidak dapat diakses. Banyak sekali kerugian yang akan kamu alami ketika website kamu sudah tidak bisa diakses, apalagi jika website yang kamu gunakan tersebut adalah berupa toko online. 

Saat ada pengunjung mencoba mengakses website kamu, namun kondisinya saat itu website kamu sudah tidak dapat diakses, apa yang ada dipikiran pengunjung? Pastinya pengunjung kamu akan merasa bingung. Apalagi jika pengunjung kamu tersebut merupakan pelanggan setia toko online kamu. Yang tadinya ingin membeli produk yang kamu jual, karena website sudah tidak bisa diakses, pelanggan setia kamu lama kelamaan akan kabur dan beralih ke toko online sebelah.

Kalau sudah seperti itu, reputasi website kamu lama kelamaan akan turun dengan sendirinya karena pelanggan setia mulai meninggalkan website kamu dan pergi ke toko online yang reputasi websitenya bagus dan bisa di akses dengan baik. Coba kamu bayangkan, berapa kerugian yang akan kamu terima?

6. Ranking SEO juga Otomatis akan Turun

Dampak lain yang bisa saja terjadi adalah Ranking SEO website kamu akan turun. Jika website kamu merupakan website profesional yang sudah dipasangkan dengan fitur SEO di dalamnya akan disayangkan sekali jika website kamu sudah tidak bisa diakses. Karena jika website kamu tidak bisa diakses, ranking SEO yang tadinya bagus seketika akan otomatis turun. Itu berarti kamu akan kehilangan kesempatan website kamu untuk muncul di halaman pertama pencarian google.  

Bagaimana #MWNers setelah melihat beberapa dampak yang akan kamu alami ketika terlambat melakukan perpanjangan domain dan hosting? Sungguh miris bukan!

Nah untuk menghindari hal tersebut, Jika domain names kamu gunakan sebagai sarana bisnis alangkah lebih baik untuk memperpanjang domain names kamu untuk jangka yang lebih panjang sekaligus agar tidak lupa. Misalnya 2 tahun, 3 tahun, 5 tahun bahkan 8 tahun dan lain sebagainya. Begitu juga dengan hosting, kamu bisa melakukan perpanjangan lebih panjang agar website tetap dapat diakses dengan lancar.

Kalau kamu memiliki domain akan atau telah expired, segera lakukan perpanjangan. Kamu bisa melihat tagihan domain dan hosting melalui Client Area Masterkey. Atau jika kamu merasa kesulitan dan memerlukan bantuan, jangan sungkan untuk menghubungi bagian Customer Service Masterweb melalui telepon, livechat, email atau melalui tiket support.

No votes yet.
Please wait...

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak