tips dan trik

Hi #MWNers!

Apakah ada rencana untuk membeli domain dalam waktu dekat ini? Jika Ya, pasti di dalam benak #MWNers akan terpikir pertanyaan seperti ini bagaimana cara beli domain terbaik itu seperti apa, bagaimana cara memilih nama domain yang unik, tempat membeli domain yang bagus dan terpercaya dimana? dan masih banyak lagi pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Dalam artikel kali ini, admin akan memberikan beberapa pertimbangan untuk kamu sebelum membeli domain agar tidak salah pilih, simak baik-baik ya #MWNers:

1. Tentukan dan Pastikan Nama Domain dan Ekstensinya

Memilih nama domain yang baik dan unik untuk bisnis kamu memang gampang – gampang susah. Perlu adanya pertimbangan matang ketika memilih nama domain yang tepat untuk bisnismu.

Yang perlu kamu lakukan pertama kali adalah menentukan dan pastikan terlebih dahulu nama domain yang sesuai dengan bisnis yang akan kamu jalani nanti, contohnya ketika kamu ingin berbisnis kuliner, cari nama domain sesuai dengan kuliner yang kamu jual.

Setelah menentukan nama domain yang tepat dan cocok, langkah selanjutnya adalah kamu harus memilih ekstensi domain yang tepat, apakah itu domain .COM atau domain Indonesia. Tinggal kamu pilih sesuai jaungkauan pangsa pasar bisnis kamu.

Untuk menentukannya mudah #MWNers, jika bisnis kamu lebih mengarah ke pangsa pasar nasional bahkan ingin menjangkau sampai internasional, kamu bisa memilih ekstensi Domain .COM atau domain komersil. Sedangkan jangkauan pasar bisnis kamu lebih ke pasar lokal saja, kamu bisa memilih ekstensi domain .ID atau Domain Indonesia.

2. Pastikan Membeli Domain di Provider Hosting Terpercaya

Untuk membeli nama domain yang tepat dan berkualitas, pastikan kamu membelinya di provider hosting yang resmi, memiliki reputasi yang bagus alias terpercaya dan memiliki riwayat pelayanan yang baik.

Lalu bagaimana caranya kita tahu provider hosting tersebut resmi, bagus dan bisa dipercaya pelayanannya? Mudah sekali #MWNers untuk mengetahuinya, caranya adalah dengan melihat review atau ulasan, referensi dan testimonial di internet dari para penggunanya yang terkadang sering berbagi pengalaman mereka dalam membeli dan menggunakan domain dari suatu provider hosting.

Dan kamu perlu tahu #MWNers, kalau provider hosting yang resmi (bukan abal-abal) yaitu provider hosting yang sudah terdaftar secara resmi di ICANN (Internet Corporation for Assigned Names and Numbers). Seperti provider hosting Masterweb yang sudah resmi terdaftar dan memiliki reputasi hosting yang baik.

3. Berapa Lama Sewa Domain

Membeli sebuah domain sama halnya seperti menyewa sebuah domain karena kita tidak bisa memiliki selamanya. Pastinya ada jangka waktu tertentu tergantung seberapa lama kita menyewa domain tersebut.

Ketika kamu akan membeli sebuah nama domain, perhatikan siklus billing atau seberapa lama kamu akan berlangganan domain tersebut. Apakah akan berlangganan selama 1 tahun, 2 tahun, 3 tahun atau lain sebagainya.

Namun semua hal itu bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan domain yang akan kamu kelola. Misalkan kamu akan membuat dan membangun sebuah website atau blog profesional, lebih baik memilih jangka waktu selama 5 tahun atau lebih.

Sedangkan jika kamu hanya ingin membuat blog personal, menyewa domain selama 1 atau 2 tahun tidak masalah. Karena jika prospek website/blog tersebut cukup memuaskan, kamu bisa melakukan perpanjangan domain tersebut.

4. Menggunakan ID Protect atau Whois Privacy Protection

ID Protect atau Whois Privacy Protection merupakan layanan tambahan dari registrar domain yang digunakan untuk melindungi informasi-informasi sensitif yang mungkin tidak ingin kamu bagikan ke khalayak ramai, seperti alamat rumah, nomor telepon, dan data penting lainnya. Setiap provider hosting ada yang memberikan fitur ini secara gratis, ada juga yang memberikan tarif.

Jika kamu tidak ingin pihak luar mengetahui informasi data penting kamu, kamu bisa manfaatkan dan menggunakan fitur ini agar data pribadi kamu tidak disalahgunakan oleh spammer atau tindakan kejahatan lainnya.

5. Manfaatnya Promo atau Kupon Diskon

Hal terkahir yang bisa kamu jadikan pertimbangan sebelum membeli domain adalah promo atau kupon diskon. Biasanya setiap perusahaan provider hosting sering mengadakan promo baik itu promo domain, hosting server atau promo lainnya guna untuk menarik pelanggan.

Agar kamu bisa menikmati promo ketika membeli domain, ada baiknya kamu tanyakan terlebih dahulu kepada penyedia web hosting tersebut apakah ada promo atau tidak. Jika ada kamu bisa membeli domain dengan menfaatkan promonya. Jadi lebih hemat bukan?

Sekian informasi yang bisa admin berikan untuk kamu agar bisa menjadi bahan pertimbangkan sebelum kamu membeli dan memilih domain untuk bisnis kamu. Tetap teliti dan jeli sebelum membeli domain ya. Jika masih ragu, jangan sungkan untuk berkonsultasi dengan rekan atau provider penyedia domain untuk membantu menentukan pilihan. Semoga tips beli domain ini bermanfaat untuk #MWNers semua.

No votes yet.
Please wait...

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak