domain murah

Hi #MWNers!

Tahukah kamu? Di zaman yang serba berkembang ini, kehadiran internet memang menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan oleh kebanyakan orang. Namun internet akan sulit berkembang tanpa adanya website. Bisa dikatakan kalau internet tanpa website tidak akan tumbuh dan berkembang seperti sekarang ini. 

Tapi meskipun begitu, kita tidak bisa mengatakan bahwa internet itu adalah website begitupun sebaliknya. Karena sejatinya website adalah salah satu layanan dari internet yang merupakan bagian dari internet bukan internet secara keseluruhan.

Website merupakan kumpulan halaman yang terdapat tampilan informasi data teks, video, data animasi, data gambar diam dan gerak, suara atau gabungan semuanya. Jenis website ada dua yaitu website statis dan website dinamis. Website statis adalah website yang tetap, jarang sekali berubah dan isi informasi didalamnya bersifat satu arah. Sedangkan website dinamis, website yang sering berubah dan interaktif dalam dua arah.

Sebelum membuat website, kamu memerlukan nama domain untuk penamaan suatu website dan hosting untuk tempat penyimpanan data website. Nama domain yang nantinya kamu beli haruslah sesuai dengan kebutuhan dan tujuan website kamu. Ada berbagai jenis nama domain yang bisa kamu pilih seperti domain indonesia atau domain internasional. Keduanya memiliki kriteria tersendiri dalam penamaan suatu domain.

Baca Juga : Pastikan Kamu Pertimbangkan 5 Hal ini Sebelum Beli Domain

Namun dalam kenyataannya, tidak banyak orang tahu apa sih perbedaan kedua jenis nama domain tersebut dan harus menggunakan jenis ekstensi domain yang mana yang cocok untuk bisnis kamu?

Nah agar kamu lebih paham tentang perbedaan kedua jenis domain tersebut, dalam artikel ini Masterweb akan mengulas lebih dalam tentang perbedaan antara keduanya, simak baik-baik ya:

Pengelola Domain

Domain Indonesia atau domain id merupakan domain yang dikeluarkan atau dikelola oleh Pengelola Nama Domain Indonesia yang dikenal dengan sebutan Pandi. Ekstensi domain ini memang khusus diciptakan dan ditujukan untuk seluruh masyarakat Indonesia yang memiliki website.

Sedangkan domain internasional atau biasa disebut domain COM merupakan nama domain yang dikelola oleh sebuah lembaga penyedia domain internasional yang bernama Internet for Assigned Names and Number (ICANN). 

Hak Kepemilikan Domain

Mengenai hak kepemilikan antara kedua jenis nama domain ini juga berbeda. Domain indonesia hanya boleh dimiliki oleh warga negara Indonesia saja. Selain itu domain indonesia memiliki tingkat aturan yang tinggi dalam penggunaannya, sehingga hanya beberapa pihak saja yang bisa dan boleh menggunakan ekstensi domain tersebut.

Contohnya domain *.CO.ID hanya diperuntukkan khusus untuk perusahaan atau company saja, domain *NET.ID hanya boleh digunakan untuk perusahaan ISP saja, domain *.GO.ID hanya boleh digunakan untuk lembaga pemerintahan saja. Meskipun domain *.ID bisa digunakan untuk beberapa lembaga seperti perusahaan, pribadi, sekolah, organisasi dan masih banyak lagi, namun harus mengikuti aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan oleh Pandi.

Sedangkan untuk domain *.COM lebih terbilang bebas dalam menggunakannya. Karena domain ini bersifat internasional, jadi seluruh warga negara di dunia bisa menggunakannya.

Cara Kepemilikan Domain

Pada zaman sekarang, untuk mendapatkan nama domain terbilang cukup mudah. Ada begitu banyak provider hosting yang menyediakan penjualan domain dan hosting untuk website dengan beragam harga yang saling kompetitif. Sehingga kamu bisa dengan mudah kapanpun dan dimanapun untuk membeli domain yang kamu inginkan.

Seperti Masterweb yang menyediakan berbagai jenis domain dengan harga yang sangat terjangkau. Mulai dari domain indonesia hingga domain internasional bisa kamu dapatkan dengan mudah dan tentunya dengan harga yang murah.

Kamu tentu tahu kepemilikan domain ID sendiri di Indonesia masih sangat jarang. Karena harga yang ditetapkan Pandi masih terbilang cukup mahal jika dibandingkan dengan domain internasional. Namun di Masterweb sebagai salah satu reseller resmi Pandi menyediakan harga domain indonesia yang cukup murah dan bersaing yaitu hanya Rp 180.000/tahun. Lebih murah jika dibandingkan dengan kompetitor sekelasnya. Untuk domain internasional, di Masterweb kamu bisa mendapatkan domain murah mulai dari Rp 92.900/tahun saja. 

Syarat Membeli

Syarat kepemilikan domain TLD seperti domain *.COM, *.ORG, *.NET dan domain TLD lainnya tidak memerlukan persyaratan khusus untuk memilikinya. Jadi kamu bisa dengan mudahnya membeli dan bisa langsung kamu miliki.

Berbeda dengan domain indonesia, seperti domain *.ID, *.CO.ID, *.WEB.ID dan lain sebagainya, harus melengkapi beberapa data dan harus memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan untuk setiap ekstensi domain. 

Contohnya domain CO.ID, pengguna yang ingin menyewa nya harus melampirkan KTP, nomor SIUP atau NPWP perusahaan. Sedangkan untuk domain ID, pelanggan diharuskan untuk melampirkan dokumen minimal fotocopy KTP.

Setelah melihat beberapa perbedaan antara domain indonesia dengan domain internasional, sekarang tinggal kamu yang menentukan ingin memilih ekstensi domain yang mana. Saran admin pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan website kamu 🙂

No votes yet.
Please wait...

Kantor Kami:

Cyber Building Lantai 10

Jl. Kuningan Barat No. 8 Jakarta

24/7 Tech Support

Telp. (021) 5269311 (Hunting)

Ticket System & Live Chat

Kontak Kami:

WA: 0812-1177-7727

Email: info@masterweb.com




Profil Perusahaan  |  Promo  |  Berita & Best Service  |  Peraturan & Persetujuan  |  Masterkey  |  Konfirmasi Pembayaran
 |  Klien Popular  |  Lowongan Karir  |  Knowledge Base  |  Program Afiliasi  |  FAQ  |  Download Logo |  Kontak